Tips dan Trik Paling Ampuh Untuk Berhenti Merokok

Tips dan Trik Paling  Ampuh Untuk Berhenti Merokok

Halo sobat mbatins,

Berjumpa lagi dengan saya setelah sekian lama. Dikarenakan akhir-akhir ini banyak kesibukan, syuting dan pemotretan sana-sini, saya jadi tak sempat menulis (ehehehehehe). Pada kesempatan hari ini yang cerah tapi agak grimis, saya ingin membagikan sedikit tentang bagaimana sih caranya agar kalian bisa berhenti merokok. Menarik sekali bukan? Mari langsung saja kita gas ke tkp.



Menurut data dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau IAKMI, 51,1 persen masyarakat Indonesia adalah perokok aktif. Ini adalah angka tertinggi di Asia Tenggara. Merokok sendiri telah terbukti menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, serangan jantung, serta banyak sekali penyakit yang lainnya. Hal ini dikarenakan rokok mengandung bahan kimia berbahaya seperti nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, amonia, arsenik, serta karbon monoksida.

Ini yang membuat masyarakat ingin berhenti merokok, dan mencari cara berhenti merokok yang efektif. Bagaimana tidak, bahaya dari rokok berisiko mengintai kalian di masa depan sehingga menempuh cara berhenti merokok harus segera dilakukan. Jika kalian ingin berhenti merokok gaes, berikut beberapa cara berhenti merokok yang bisa ditempuh. Cara berhenti merokok ini ada beragam, namun kunci utamanya kembali kepada kesadaran diri kalian sendiri gaes untuk segera meninggalkan kebiasaan berbahaya ini.


1. Jangan Merokok

Cara tercepat untuk berhenti merokok adah dengan jalan tidak merokok gaes. Jadi kalian usahakan menghindari semua aktivitas dan kegiatan yang berhubungan dengan rokok dan teman-temannya. Dan juga harus bisa mengendalikan hasrat untuk membeli rokok saat tidak punya rokok maupun meminta rokok dari teman saat rokok habis. 


2. Mencari Pacar / Pasangan

Bagi kalian para perokok pastinya sangat sulit untuk memulai ataupun mengumpulkan niat untuk berhenti merokok. Karena terkadang dorongan dari diri sendiri saja tidaklah cukup kuat gaes untuk berhenti merokok, maka dari itu kita butuh support dan dorongan juga dari orang lain. Siapa sih pacar / pasangan yang tidak rewel saat didekat orang yang sedang merokok. Pastinja pasangan kalian paling tidak akan cemberut, menggerutu ataupun justru malah membuang rokok kalian. Cara ini dianggap ampuh untuk memulai proses berhenti merokok maupun memulai dalam jenjang selanjutnya (ehhhhh).


3. Berolah Raga

Selain menyehatkan, berolahraga diyakini sangat efektif dalam proses berhenti merokok. Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga, misalnya berjalan, berlari, menari, berenang atau yoga, merangsang otot-otot dan berbagai bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Jarang sekali kita temukan diluar sana orang yang berolahraga sambil merokok, contohnya joging sambil merokok, renang sambil merokok, dan dari situlah kita yakin bahwasanya olahraga bisa mengurangi ataupun menggantikan aktivitas merokok kita gaes. Sakti sekali bukan? 


4. Mencari Hobi Baru

Membuat diri tetap sibuk adalah salah satu cara berhenti merokok yang efektif. Mencari kesibukan lain bertujuan untuk mengalihkan pikiran kalian dari dirinya gaes, eh dari ngidam rokok. Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengisi waktu luang daripada merokok, antara lain :

  • Berkebun, bercocok tanam ataupun berternak.
  • Jalan-jalan santai keluar rumah mendaki gunung lewati lembah.
  • Buat tangan kalian sibuk, bisa memainkan game di handphone atau yang lainnya.
  • Pergi dolan ke bioskop kesayangan kalian atau nonton serial TV yang seru.
  • Luangkan waktu dengan teman dan keluarga ataupun dengan pacar / pasangan.

Itulah beberapa tips dan trik paling ampuh untuk mencoba berhenti merokok. Bagaimana gaes, apakah sangat tertarik untuk mencobanya bagi kalian yang merokok gaes? :)

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini gaes. Ikuti dan saksikan keseruan selanjutnya ya gaes, sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi kalian, yowes gaes selamat beraktivitas timbang glundang-glundung dikamar aja dan lalu membatin yang tidak-tidak. :)

Salam Mbatins.