Perbedaan yang Paling Essensial antara Curriculum Vitae dan Resume

Perbedaan yang Paling Essensial antara Curriculum Vitae dan Resume

 


Halo sahabat mbatins,

Sudah ada uneg-uneg buat membatin hari ini? Asal jangan mbatin orang lain lho ya gaes. Pada kesempatan kali ini marilah kita sedikit membahas tentang apasih sebenarnya perbedaan yang paling essensial antara Curriculum Vitae (CV) dan Resume. Apa hayo bedanya gaes, sudah ada yang tahu? Ya benar sekali gaes, yasudah mari kita tutup kalo sudah pada tahu (hahahahahahahaha). Baiklah langsung saja mari kita bahas apa sebenarnya beda antara CV dan Resume gaes.


Saat melamar kerja, perusahaan tempat kalian melamar biasanya meminta kalian untuk mengirimkan Curriculum Vitae (CV) dan Resume. Kalian pasti masih ada yang bingung, sebenarnya apa perbedaan dari keduanya sih? Curriculum Vitae dan Resume merupakan istilah yang selalu muncul dalam topik pencarian kerja. Dua hal tersebut adalah senjata yang wajib disiapkan saat kita akan melamar kerja. Sayangnya (padahal udah sayang malah ditinggal #ehh), kebanyakan orang masih sering salah kaprah bahwa CV adalah bentuk lain dari Resume dan begitu juga sebaliknya. Pendapat itu salah gaes. Berikut ini adalah perbedaan antara CV dan Resume beserta hal-hal yang perlu, dan tidak perlu dicantumkan di keduanya.


CV merupakan istilah latin dari “Curriculum Vitae”. Oleh karena itu, hal-hal yang harus tercantum dalam CV adalah gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi, dan prestasi dalam hal akademis dan apa saja yang terkait dengan pekerjaan. Kalian juga bisa mencantumkan informasi pribadi dalam CV, seperti status perkawinan, kewarganegaraan, tempat tanggal lahir dan juga foto. Sementara Resume itu adalah dokumen berisi ringkasan singkat mengenai keterampilan, kualifikasi dan pendidikan seseorang. Bila diibaratkan, resume bagaikan iklan singkat mengenai siapa diri kalian beserta mengapa kalian patut dikatakan sebagai orang yang tepat untuk mengisi posisi yang tersedia. Jadi disini kita tahu perbedaan yang paling mendasar. CV adalah gambaran kronologis dan mendalam mengenai perjalanan karier, sementara Resume adalah medium iklan untuk diri sendiri.



Dari segi penulisannya, CV umumnya tidak banyak untuk mengalami perubahan, kecuali jika ada penambahan pencapaian atau pengalaman karier baru. Sementara bentuk Resume lebih fleksibel, bisa disesuaikan dengan aplikasi lamaran pekerjaan tertentu saja. CV biasanya berisi minimal dua halaman. Sedangkan Resume cukup dengan hanya satu halaman. CV banyak digunakan di kawasan Eropa (seperti Inggris, Irlandia) dan Selandia Baru. Sedangkan resume banyak dipakai di Amerika Serikat dan Kanada. Meski demikian, di Australia, India, Afrika Selatan dan sebagian besar negara Asia, CV dan Resume digunakan bersama. Bedanya, Resume lebih sering dipakai untuk pekerjaan di sektor swasta, dan CV untuk posisi layanan publik.



Selain memiliki perbedaan, keduanya juga memiliki persamaan. Baik dalam CV maupun Resume, kalian harus tetap perlu mencantumkan informasi pribadi (nama, email, no.hp & alamat), pendidikan, keahlian dan pengalaman. Disamping itu juga tidak perlu membubuhkan foto, menuliskan riwayat gaji, alasan berhenti kerja di perusahan sebelumnya serta surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya. Referensi biasanya harus dilampirkan terpisah dan tidak perlu dicantumkan jika tidak disyaratkan oleh perusahaan baru.


Lalu, harus memakai yang mana? Apakah harus memakai CV ataukah memakai Resume? Pilih saja sesuai dengan permintaan dari perusahaan. Jika kalian merasa lebih nyaman dengan versi yang lebih ringkas, pakailah resume gaes. Sepengalaman saya yang notabene sebagai buruh ketik di beberapa perusahaan swasta, saya juga lebih memilih memakai Resume saat melamar pekerjaan dulu. Kenapa? Karena lebih simpel, ringkas sederhana dan tidak bertele-tele. Selain itu juga kita bisa berkreasi sendiri dengan Resume kita gaes. Kita bisa membuatnya semenarik mungkin agar para HRD tempat kita melamar kerja bisa langsung kesengsem dengan aplikasi Resume yang kita ajukan ini. Dan biasanya kurang dari seminggu kita bisa dapat panggilan dari HRD tempat kita melamar kerja. Tapi ya mungkin memang tergantung situasi dan kondisi. Mungkin jika kita melamar di area perusahaan publik seperti di bank ataupun di instansi pemerintahan, gunakanlah CV dengan format yang resmi gaes.



Berikut adalah contoh Resume yang pernah saya buat gaes, simpel, jelas ringkas dan tepat sasaran. Mungkin saja bila ada sobat mbatins yang tertarik bisa langsung saja hubungi saya (hahahha namanya juga usaha). Ga ada salahnya lho kita bikin Resume diri kita semenarik mungkin gaes, justru malah bisa menjadikan nilai plus buat kita supaya HRD tempat kita melamar pekerjaan langsung terpikat dan memanggil kita untuk langsung diinterview.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Mohon maaf bila ada banyak kurangnya atau mungkin banyak salahnya, karena sayapun masih dalam proses belajar dan menggali hal-hal yang belum pernah saya temui dan ketahui.

Jangan mbatin sendirian.