Mengenal Sekilas Tentang Teknologi Blockchain

Mengenal Sekilas Tentang Teknologi Blockchain

Halo sobat mbatin,

Pada kesempatan membatin kali ini, saya ingin membagikan sedikit tentang Blockchain. Apasih sebenarnya Blockchain? Block - balok, chain - rantai, jadi blockchain adalah balok dirantai (becanda yang ini lho ya gaes). Mungkin diantara para sobat mbatin yang budiman sudah mengenal apasih itu blockchain. Mempelajari blockchain pada awalnya mungkin akan mengakibatkan sedikit kebingungan, sakit kepala, pusing, mual dan muntah. Sama seperti awal saya saat mempelajari blockchain ini cukup sangat amat membingungkan. Disini saya akan mencoba untuk membahas teknologi blockchain ini semudah mungkin, karena memang sebenarnya blockchain ini adalah sebuah teknologi yang sangatlah simple dan sederhana.



Dunia telah berubah sejak Internet pertama kali ditemukan 35 tahun yang lalu. Kekurangan Internet saat ini adalah terdapat banyaknya aplikasi yang bersifat sentralisasi. Dimana ketika satu server down, masyarakat tidak bisa lagi menggunakannya. Teknologi Blockchain muncul untuk merevolusi teknologi kita ke dunia yang lebih modern dengan sistem kerja yang lebih instan, transparan dan efisien tanpa perlu bergantung pada server yang tersentralisasi. Blockchain adalah solusi teknologi yang merevolusi cara kerja internet, perbankan dan aplikasi menjadi tanpa server.


Seperti yang kita ketahui pada saat ini setiap data yang kita olah itu tersentralisasi atau hanya di simpan dalam satu komputer saja yang biasa kita sebut server. Sistem yang sekarang ini berjalan memiliki banyak kekurangan salah satunya adalah keamanan data menjadi tidak maksimal karena data hanya berada pada satu tempat yang mana itu membuat data kita tidak bisa di validasi datanya. Dan apabila ada kegagalan sistem dari server maka akan membuat jaringan down, jika kita tidak memiliki backup maka hilang sudah data yang kita miliki.


Jika teknologi modern memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara langsung melalui panggilan, pesan dan email dari titik A ke B, bagaimana jika transaksi bisa sama? Bagaimana jika kita dapat menghemat biaya dan mengirim uang seperti email, dan tidak perlu membayar bank atau perantara untuk melacak transaksi kita? Oleh karena itu lah ide blockchain terlahir. Dari pada mengandalkan pihak ketiga untuk menyimpan catatan dan memverifikasi transaksi. Blockchain adalah teknologi berbasis komunitas yang memungkinkan pertukaran nilai yang aman. Dasar dari blockchain adalah catatan atau buku besar yang didistribusikan melalui teknologi perangkat lunak secara peer-to-peer.



Teknologi Blockchain ini pertama dikonseptualisasikan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008. Dan kemudian diimplementasikan tahun berikutnya oleh Nakamoto sebagai komponen inti bitcoin, dimana blockchain difungsikan sebagai buku besar publik untuk semua transaksi yang terjadi dalam jaringan. Dengan memanfaatkan blockchain, bitcoin menjadi mata uang digital pertama yang mampu mengatasi double-spending tanpa memerlukan otoritas tepercaya dan telah menjadi inspirasi bagi banyak aplikasi lainnya.



Kelebihan dari blockchain :

  • Sangat transparan. Setelah identitas digital telah dibuat dan berhasil dikaitkan dengan identitas asli, semua transaksi mereka sebelumnya dan masa depan dapat ditelusuri kembali dengan akurasi 100%. Blockchain berisi catatan yang dapat diverifikasi dari setiap transaksi yang pernah dibuat.
  • Sebuah catatan, buku besar digital yang dibagikan kepada siapa pun. Ini hanya dapat diperbarui oleh konsensus mayoritas pengguna yang menganggapnya sebagai 'benar'. Tidak ada perantara yang perlu memverifikasi transaksi.
  • Setelah beberapa data dimasukkan ke dalam blockchain, informasi menjadi sangat sulit untuk dihapus. Ini yang membuat sistem terdesentralisasi dimana enkripsi tidak dapat mengubah key value.


Teknologi Peer-to-Peer

Transaksi menggunakan teknologi Blockchain bersifat peer-to-peer, dalam arti sebuah data (dapat berupa pesan, uang, atau informasi penting) dapat dipindahkan dari satu pengguna ke pengguna yang lain tanpa bantuan pihak ketiga untuk memprosesnya. Dengan Blockchain, kita tidak lagi perlu lagi bergantung pada satu server karena seluruh transaksi tereplikasi ke seluruh jaringan sehingga terhindar dari berbagai bentuk penipuan karena data yang dimodifikasi, server down, atau akun yang diretas.


Instan, Aman, Efisien dan Transparan

Pengiriman data terjadi secara instan dan efisien. Semua transaksi dan penyimpanan data terjamin keamanannya karena tereplikasi di seluruh jaringan blockchain sehingga untuk mengubah satu data maka si peretas juga harus mengubah data yang sama di semua komputer pengguna yang lain di saat yang sama. Hal ini sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Blockchain bersifat seperti sebuah buku besar dimana semua transaksi bersifat transparan dan semua bisa dicek oleh semua orang sehingga memastikan kredibilitasnya.


Smart Contracts

Blockchain menawarkan kesempatan untuk memasukkan segala bentuk perjanjian bisnis, ijasah pendidikan, akta tanah, kelahiran, pernikahan atau dokumen-dokumen penting ke dalam database Blockchain yang sangat mustahil untuk diretas maupun dipalsukan. Seluruh sistem berjalan tanpa pihak ketiga dan terjadi otomatis berdasarkan algoritma. Blockchain, dengan database yang terpecah dalam ratusan juta server, akan memastikan bahwa perjanjian secara otomatis akan tereksekusi, terdata, dan tersimpan dalam sistem yang transparan sehingga dapat dicek kebenarannya.



BLOCKCHAIN ​​TIDAK HANYA UNTUK BITCOIN

Perlu untuk digaris bawahi bahwa kemungkinan penggunaan teknologi blockchain ini sangatlah tidak terbatas. Meskipun penggunaannya mungkin sering dikaitkan hanya dengan Bitcoin, namun teknologi matematika dan kriptografi di balik blockchain dapat digunakan untuk setiap transaksi yang melibatkan nilai; cryptocurrency alternatif, layanan tanda tangan online, sistem pemungutan suara, dan banyak aplikasi lain yang keasliannya dapat diverifikasi oleh seluruh komunitas.

Hal ini dapat mempermudah orang asing untuk mengirim uang kembali ke negara-negara di mana akses ke lembaga keuangan terbatas; akta properti dapat ditransfer dengan mudah tanpa perlu pihak ketiga; penipuan keuangan akan berkurang secara signifikan karena setiap transaksi akan dicatat pada publik dan didistribusikan buku besar yang akan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet.

Blockchain dapat mengaktifkan kontrak cerdas yang diaktifkan sendiri, yang berarti jika penerbangan ditunda, rincian penumpang diperbarui pada catatan blockchain, secara otomatis memicu pembayaran asuransi. Blockchain tidak hanya terbatas untuk membuat uang online yang aman, itu memungkinkan juga untuk melindungi setiap bagian dari informasi digital. Dari perbankan, manajemen investasi, asuransi, dan sektor publik. Blockchain menawarkan dunia peluang dan langkah menuju masa depan dalam ekonomi global kami.



Bagaimana gaes, menarik bukan teknologi blockchain ini? Atau mungkin masih ada yang bingung dengan penjelasan singkat diatas? Ndodok dulu kalo bingung gaes.

Mungkin sampai disini dulu untuk sedikit penjelasan sedikit konsep dari blockchain. Semoga postingan kali ini bermanfaat buat kalian semua, dan bila ada salah mohon dimaafkan, karena saya juga masih dalam proses belajar mencari ilmu biar tambah sakti. Yowes gaes selamat beraktivitas timbang glundang-glundung dikamar aja dan lalu membatin yang tidak-tidak. :)

Salam Mbatins.