Kenali INFJ - The Advocate, Tipe Kepribadian Paling Langka di Dunia

Kenali INFJ - The Advocate, Tipe Kepribadian Paling Langka di Dunia

Pernah dengar tentang 16 tipe kepribadian berdasarkan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) ? MBTI adalah indikator yang dipakai untuk menentukan kepribadianmu. Terdapat 16 tipe kepribadian, tapi kita akan membahas tipe yang paling langka dari tipe yang lainnya, yaitu INFJ.


INFJ singkatan dari Introvert, Intuition, Feeling, Judgement. Kurang dari 2% penduduk di dunia yang memiliki kepribadian tipe ini. Apa kamu salah satunya? Untuk mengetahui tipe kepribadianmu kamu bisa melakukan tes secara online, banyak website dan aplikasi menyediakan layanan ini.


Banyak orang berpengaruh di dunia dengan tipe kepribadian ini seperti Nelson Mandela, Mother Theresa, Martin Luther King, Jr., Oprah Winfrey, Nicole Kidman.

Berikut adalah ciri orang dengan kepribadian INFJ: 


1. Mereka introvert yang ekstrovert

Bingung memahami kalimat di atas? Ya, memang benar. INFJ adalah introvert yang ekstrovert. Menurut orang di sekitar atau circle mereka, INFJ adalah seorang ekstrovert. Yang seringkali tidak bisa berhenti bicara dan mengutarakan semua hal yang mereka pikir dan rasakan. Tapi bagi dunia, mereka adalah introvert yang kesepian. INFJ akan membuka diri bagi orang - orang terdekat dan kepercayaan mereka yang membuat mereka nyaman. INFJ bisa saja tiba-tiba menarik diri kelompok. Jadi, ketika INFJ membuka dirinya kepadamu, kamu adalah orang yang spesial untuk INFJ.


2. Sensitif

INFJ sangat sensitif terhadap kritik dan konflik dan lebih memilih untuk menghindarinya. INFJ juga sensitif dengan perasaan orang lain. Mereka dapat melihat hal yang kamu sembunyikan sekalipun meski kamu menunjukkan padanya hal yang bertolakbelakang. INFJ lebih memilih menciptakan kedamaian dan harmoni di sekitar mereka.


3. Kesepian dan berbeda

Dalam hidup INFJ, mereka selalu merasa berbeda, menemukan seseorang yang bisa memahami mereka adalah hal susah karena itu mereka sering merasa kesepian. Menemukan INFJ seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami.


4. Perfeksionis

Mereka ingin segala sesuatu dalam hidupnya berjalan sempurna tapi tidak semua berjalan dengan lancar. INFJ akan selalu mencari cara untuk menyelesaikan itu dengan caranya sendiri.


5. Menyerap emosi orang lain

Terdengar aneh, tapi begitulah INFJ. Mereka mengetahui dengan benar bagaimana emosi orang tanpa harus bertanya atau bicara. INFJ memiliki kemampuan unik ini dibanding tipe yang lain. Mereka bisa saja mengubah emosi mereka hanya karena ikut merasakan emosi orang terdekat mereka atau bahkan orang yang tidak pernah mereka kenal sebelumnya.


6. Privasi

INFJ menyembunyikan hal - hal personal mereka dari orang yang mereka anggap tidak termasuk dalam circle mereka. INFJ punya banyak layer untuk menjaga privasi mereka. Seringkali, INFJ menyimpan segalanya sendiri atau hanya untuk orang yang benar INFJ percayai, bahkan orang terdekatnya belum tahu. Mempercayai orang baru bagi INFJ adalah yang susah dan menantang.


7. Membantu orang lain

Terlahir dengan keramahan dalam dirinya, INFJ selalu terbuka untuk membantu orang lain hingga seringkali mereka lupa untuk mengurus dirinya sendiri. INFJ yang sensitif dapat dengan mudah memahami apa yang harus dilakukan saat membantu orang lain menghadapi masalahnya.


8. 'The Door Slam'

INFJ sering memutuskan sebuah hubungan yang menurut mereka sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Terlalu seringnya mereka disakiti membuat INFJ menjauh secara teratur dari orang tersebut. Mungkin saja kamu menemui INFJ yang melakukan ghosting atau pergi tanpa alasan begitu saja. Mereka melakukan ini untuk melindungi diri mereka. Jadi, hati-hati saat bicara dengan INFJ atau mereka akan menganggapmu orang asing setelah itu.


9. Inspirasi

INFJ adalah pembicara yang baik dengan empati yang mereka punya, mereka dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. Mereka berpikir bahwa hidup ini tidak hanya sekedar melakukan hal normal seperti kebanyakan orang, mereka selalu memiliki ide untuk melakukan inovasi terhadap dunia.


10. 'Guilt'

INFJ berpikir untuk memenuhi ekspektasi orang lain terhadap dirinya. INFJ berfokus untuk menjadi orang baik dan membantu sekitar mereka, ketika mereka tidak dapat memenuhi ekspektasi orang terhadap INFJ mereka akan merasa bersalah dalam hal sekecil apapun. Mereka selalu ingin membuat orang sekitarnya bahagia dan sering melupakan untuk menjada dan merawat dirinya sendiri. Ketika INFJ melakukan kesalahan mereka akan berusaha untuk memperbaiki dan mengalami kecemasan berlebihan membuat orang lain terluka. INFJ sangat peduli dengan orang di sekitarnya tapi seringkali berakhir dengan tidak dapat mengungkapkannya dengan baik.


Dari penjelasan di atas, apakah kamu termasuk seorang INFJ? 

 

Sumber:

  • https://introvertdear.com/news/infj-personality-type-signs/
  • https://www.16personalities.com/infj-personality