Jangan Tinggalkan Kebiasaan Bangun-Siangmu

Jangan Tinggalkan Kebiasaan Bangun-Siangmu

Malas, nirfaedah, tidak produktif dan berbagai sebutan lain yang biasanya disematkan kepada seseorang yang memiliki kebiasaan bangun siang, apalagi didukung oleh istilah “early bird gets the worm” yang seolah-olah bangun pagi adalah kunci dari segala kesuksesan di dunia dan seseorang yang bangun siang hanya mendapat remah-remah, ampas dan sisa-sisa kejayaan. Tidak ada yang salah dengan bangun pagi, tapi apakah tepat stigma pemalas disematkan kepada golongan manusia yang bangun siang?


Night Owl adalah para kreatif


Golongan manusia yang bangun siang, atau kita sebut saja night owl memiliki kecenderungan bangun siang karena mereka terjaga di malam hari, ( ok, pengecualian untuk orang yang waktu tidurnya lebih dari 10 jam sehari ) dan menurut riset yang dilakukan oleh Satoshi Kanazawa “ Hypothesis therefore predicts that more intelligent individuals are more likely to be nocturnal than less intelligent individuals.”, hal ini juga dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh ABC science yang menjelaskan bahwa “[being in a nocturnal environment] may encourage the development of a non-conventional spirit and of the ability to find alternative and original solutions.” dari dua penelitian diatas menunjukan bahwa night owl adalah golongan manusia kreatif dan dapat diandalkan dalam mencari solusi masalah.


Night Owl memiliki tingkat stres rendah


Mungkin orang yang bangun pagi atau disebut morning person terlihat memiliki tingkat stres rendah karena melakukan semua hal dengan tidak tergesa-gesa, tapi lagi-lagi menurut penilitian yang salah satu metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melihat sampel saliva ( air ludah ) ternyata morning person memiliki tingkat cortisol ( hormon pemicu stres ) yang lebih tinggi daripada night owl.


Para night owl yang berhasil


Bukti penelitian di atas juga dibuktikan dengan beberapa night owl yang terbukti berhasil, mulai dari Sir winston churchill, mantan perdana mentri Inggris yang berjasa mengalahkan Jerman di perang dunia ke 2, Pharrel Williams yang merupakan seorang musisi pemenang grammy award , produser musik, fashion designer. Dari Dunia IT juga terdapat beberapa nama tenar di list ini, seperti Jonnah Peretti ( CEO buzzfeed ), Aaron Levie ( CEO Box ), Alexis Ohanian ( Cofounder Reddit )


Dengan semakin berkembangnya dunia, stigma pemalas terhadap para night owl semakin tidak relevan karena semakin banyak perusahaan yang mengakomodasi kebiasaan night owl, mereka sadar untuk mengeluarkan potensi terbaik mereka adalah dengan memberi keleluasaan waktu alih-alih mengharuskan mereka menjadi manusia yang terikat dengan peraturan 8-5. Percayalah, para night owl bagaikan lightsaber yang akan menjadi senjata mematikan jika ditangan para jedi, dan hanya akan menjadi senter jika ditangan jar jar atau bahkan lebih buruk, hanya akan melukai pengguna lightsaber tersebut. Oh.. dan beberapa orang yang menggunakan quote “early bird gets the worm”  untuk memotifasi orang mungkin perlu mencari tau quote lanjutannya, yaitu “ but the second mouse gets the cheese ”.