Beban Kerja Tinggi Menyebabkan Masalah Kesehatan?

Beban Kerja Tinggi Menyebabkan Masalah Kesehatan?

Stres dalam kehidupan manusia adalah hal biasa yang sering ditemui di kebanyakan orang. Kamu tentu saja pernah mengalaminya paling tidak sekali dalam hidupmu. Umumnya orang dengan beban pikiran berlebihan akan terlihat lesu, tidak bersemangat dan kehilangan gairahnya menjalani hidup.

Seorang staf di sebuah perusahaan melakukan penelusuran bahwa CEO di perusahaannya dengan perkerjaan yang banyak memiliki masalah jantung. Begitu juga dengan staf yang memiliki beban kerja tinggi dan tanggung jawab yang besar.

Lalu apa hubungan beban kerja, tanggung jawab besar dan stres terhadap masalah kesehatan?

Tubuh manusia bekerja dengan merespon apa yang otak perintahkan dan alami. Ketika otak kita melakukan pekerjaan berlebihan, tubuh akan meresponnya dengan hal sama seperti pusing di belakang kepala atau otot perut yang tiba-tiba kencang dan mual. Dengan kondisi tersebut akan memicu emosi dengan cepat. Sedangkan ketika otak kita dalam kondisi rileks dan tenang, tidak akan memicu hal buruk pada tubuh dan emosional.

Akan lebih mudah saat kita tidak menghadapi masalah untuk rileks dan tenang. Bagaimana kita bisa tetap rileks dan tenang dalam menghadapi masalah?


1. Berhenti menyalahkan orang lain atau benda di sekitarmu

Seringkali ketika hal buruk dan tidak sesuai rencana kita terjadi, kita lebih mudah menyalahkan orang lain atau bahkan benda di sekitar kita. Atau untuk sebagian orang akan berkata "Ini sudah menjadi kehendak Tuhan". Hal seperti ini sangat mudah dilakukan karena kita sudah 'terdidik' sedari dini. Tapi tahukah kamu hal seperti ini akan membuat suasana hatimu memburuk? Ketika hal buruk terjadi, terimalah hal itu tidak peduli itu kesalahanmu atau karena orang lain. Pahamilah bahwa tidak semua hal indah terjadi di dunia ini.


2. Biarkan kesalahan terjadi

Ketika kesalahan terjadi, kita sering bertanya 'Kenapa aku?', 'Apa salahku?', 'Ini tidak seharusnya terjadi padaku'. Kita tidak akan menjadi sempurna dalam hidup, Sebesar apapun, setinggi apapun jabatan kita, sekaya atau sepintar apapun, kita akan tetap membuat kesalahan. Menyembunyikan kesalahan yang kita lakukan hanya akan menimbulkan stres baru. Terimalah kesalahan tersebut dan belajarlah dari kesalahan. Tidak masalah untuk tidak menjadi sempurna karena kita hanya manusia.


3. Mengeluh membuat segalanya menjadi berat

Mengeluh adalah hal yang mendarah daging karena sangat mudah untuk dilakukan dengan alasan mengekspresikan perasaan yang kita alami. Tapi apakah dengan mengeluh semuanya terasa mudah? Tentu saja tidak. Segalanya terasa lebih mudah kalau kita mempunyai kemauan untuk terus maju melakukan aktivitas tanpa mengeluh dan membiarkan hal yang tidak bisa dikontrol untuk terjadi.


4. Hidup tidak bisa dikontrol

Jangan pernah berpikir kamu bisa mengontrol banyak hal dalam hidupmu, kamu akan berakhir dengan kelelahan dan stres berat ketika ada hal yang tidak berjalan sesuai kemauanmu. Biarkan segala sesuatu terjadi termasuk kesalahan dan masalah. Daripada berusaha mengontrolnya, belajarlah dari apa yang kamu hadapi. Hidup adalah tentang belajar.


Setelah mencoba memahami poin di atas, pahamilah bahwa segala sesuatu harus didasari dari kesadaran diri dan niat. Tidak ada orang lain yang bisa membantumu selain dirimu sendiri. Mempercayai diri sendiri adalah tantangan yang berat. Dan kamu akan merasakan kedamaian dalam dirimu meski banyak hal terjadi tidak sesuai dengan rencana di sekitarmu.

 

Source: Ajahn Brahm