5 Tips Menghadapi Wawancara Kerja

5 Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Dalam proses pencarian kerja, tidak pernah lepas dari tahap wawancara yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Untuk kamu yang di usia produktif kerja tentu pernah melakukan wawancara kerja. Bagi sebagian besar orang, wawancara adalah tahap yang mendebarkan dan penuh dengan persiapan matang.



Berikut adalah tips untuk membantu mematangkan persiapan tahap wawancara yang akan kamu lakukan:

1. Sikap

Pernahkah kamu berpikir bahwa sikap kita saat wawancara berlangsung juga termasuk dalam poin penilaian perusahaan? Jika tidak, mulailah untuk berpikir dan bersikap baik dan profesional di hadapan pewancara perusahaan. Tunjukan bahwa kamu mempunyai passion terhadap pekerjaan yang kamu lamar, beri bukti juga bahwa dari pengalamanmu sebelumnya untuk mendukung pernyataanmu. Fokuskan energimu saat melakukan wawancara. Jangan pikirkan hal lain yang tidak berhubungan dengan materi wawancara yang sudah kamu persiapkan, dengan begitu kamu akan mengurangi perasaan tegang dan tidak nyaman ketika wawancara.


2. Sample

Bawalah contoh pekerjaan yang pernah kamu lakukan dalam pekerjaan sebelumnya untuk meyakinkan perusahaan tersebut bahwa kamu layak untuk menempati posisi tersebut. Bawalah portofolio sebagai pendukung riwayat kerjamu. Kamu juga bisa menunjukkan online demo atau sample template pekerjaanmu sebelumnya.


3. Pakaian

Pakailah pakaian terbaikmu saat wawancara. Pakaianmu dapat menunjukkan dan mempengaruhi karir dan kehidupan pribadimu, jadi berpakaianlah dengan baik. Kamu bisa menanyakan dan memastikan ke perusahaan, kondisi lingkungan kerja mereka dan apa yang bisa kamu pakai saat wawancara.


4. Partisipasi

Wawancara bukan hanya berarti kamu diwawancarai oleh perusahaan tapi juga tahap dimana kamu mewawancarai perusahaan. Tanyakan kepada perusahaan tentang detil pekerjaanmu dan tunjukan kepada mereka bahwa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut. Setelah wawancara, kamu dapat menanyakan tentang langkah atau tahap selanjutnya, kapan kamu akan mendapatkan kabar selanjutnya. Usahakan untuk tidak menanyakan tentang tunjangan, lakukan ini ketika kamu sudah dinyatakan diterima di perusahaan tersebut.


5. Be Genuine

Sebelum melakukan wawancara, pastikan kamu mengetahui tentang kekuatan dan passion dari dirimu sendiri terhadap pekerjaan yang pernah kamu kerjakan. Jadilah diri sendiri.  


Dari tips - tips di atas juga tidak lepas dari doa dan ijin Tuhan YME. Berusahalah dan lakukan persiapan semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk pelajari mengenai perusahaan yang kamu lamar karena perusahaan tersebut akan menjadi lingkungan kerjamu di masa depan. Semoga sukses wink

 

Sumber: Project Management Videos