4 Tipe Ukulele

4 Tipe Ukulele

Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil, sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawaii ditemukan sekitar tahun 1879, Alat musik 'Ukulele' dalam bahasa hawaii artinya 'kutu loncat'. Ada 4 tipe ukulele yaitu :


1. Soprano
Tuning standard. Ukuran 33 cm. Chord G-C-E-A.
Model ini yang paling kecil dibanding model lainnya. Merupakan bentuk tradisional dari ukulele yang ada. Dengan dimensi yang kecil, ukulele ini mudah dibawa kemana-mana.

 

2. Concert
Ukuran 38 cm. Chord G-C-E-A.
Model ini memiliki dimensi lebih besar dari ukulele soprano dan model paling ideal daripada ukulele jenis lain. Untuk pemula dan belum pernah belajar gitar sebelumnya, TS sarankan untuk memakai ukulele jenis ini untuk belajar.

 

3. Tenor
Ukuran 43 cm. Chord G-C-E-A.
Model tenor ini menjadi pilihan para pemain profesional karena jarak antara fret lebih lebar dari dua jenis sebelumnya. Selain itu fretboardnya lebih besar dan suaranya lebih tebal sehingga cocok untuk dimainkan solo.

 

4. Baritone
Ukuran 48 cm. Chord D-G-B-E.
Ukuran ini paling besar dan cocok untuk pemain gitar yang ingin memainkan ukulele secara instan. Ukuran ini memiliki tuning yang sama dengan 4 senar gitar paling bawah sehingga chord yang dimainkan sama dengan gitar.



Tipe Ukulele

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ukulele